Laman

Minggu, 30 Juni 2013

Berbagi dalam nasehat kebajikan dan kebaikan

Assalamu alaikum wr wb

pertama-tama marilah kita bersama-sama memuja Allah SWT karena berkat rahmat dan karunianyalah kita masih sempat di pertemukan dalam kehidupan ini walaupun tidak secara langsung tentunya, melainkan dalam artikelnya saya kali ini, dan tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW nabi yang telah menjadi pemimpin kita di dunia maupun di akhirat kelak khususnya para penghuni surga seperti anda, Amin.

pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin sedikit membawakan sebuah kebajikan, karena mengingat rasulullah SAW sering sekali melakukan kebajikan.

Kebajikan dapat kita lakukan dengan cara menasehati antar sesama orang di muka bumi ini, Misalnya ketika anda menemui atau melihat seseorang yang melanggar perintah Allah SWT maka nasehatilah orang itu agar ia kembali kejalan Allah SWT jalan yang penuh berkah.

Rasulullah SAW sering sekali menasehati orang-orang yang berada di sekitarnya baik orang yang baik kepadanya maupun orang yang jahat kepada beliau, bahkan nasehat rasulullah SAW masih kita terapkan dalam kehidupan kita para ummat islam hingga sekarang ini.

Sahabatku, inilah merupakan kehebatan dari saling menasehati dalam kebajikan bukan hanya nasehatnya berguna bagi orang yang lalai namun nasehat juga akan kekal di dunia ini, buktinya banyak nasehat-nasehat dari zaman dulu masih dilaksanakan hingga sekarang ini.

Jikalau Sahabtku sudah mengetahui mamfaat besar dari menasehati dalam kebajikan, maka hendaklah sahabatku menasehati seseorang yang lalai akan perintah Allah SWT, Mengingat tali persaudaraan di kalangan islam modern ini sudah tercemari oleh orang-orang yang mengaku ISLAM.

Ada banyak cara untuk menasehati dalam kebajikan, jika kita kaitkan dengan kehidupan keseharian kita mungkin kita menemui seseorang yang berbuat salah lalu kita menasehatinya, namun orang itu bukanya bertobat kepada Allah SWT, Melainkan orang tersebut melawan dan menghina kita, astagfirullah.

Ada cara jitu yang dilakukan oleh nabi kita Muhammad SAW untuk menasehati seseorang yang berprilaku layaknya diatas tadi, Rasulullah ketika itu berjalan-jalan sejenak ia melihat seseorang yang membuang sampah di sembarang tempat, lalu beliau mendekati orang tersebut, beliau tidak lantas menasehati orang itu, melainkan beliau memungut sampah orang tadi, barulah beliau menasehati orang tersebut.

Sungguh prilaku yang sangat indah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, beliau tidak hanya sekedar  menasehati melainkan memberikan contoh yang sangat nyata bagi kita.

Contoilah prilaku rasulullah SAW agar sahabat-sahabatku mendapat ridho dari Allah SWT, jangan malu kepada orang yang menyaksikan prilaku anda malulah kepada Allah SWT karena kita didunia ini sama tidak ada yang dibeda-bedakan, sahabatku.