Laman

Sabtu, 22 Juni 2013

Siapakah orang paling jelek di dunia Ini

Assalamualaikum wr wb?
SIMAK CERITA INI.
Cerita ini SINGKAT tapi Penting untuk kita baca.
Langsung Saja

Ada suatu kisah seorang santri yang menuntut ilmu pada seorang kyai.
Bertahun-tahun telah ia lewati hingga pada suatu ujian terakhir. Ia menghadap kyai untuk ujian tersebut.
>Kyai : "Hai Fulan, kau telah menempuh semua tahapan belajar dan tinggal satu ujian, kalau kamu dapat menjawab, berarti kamu lulus."
>jawab anak itu ; "Baik pak kyai, apa pertanyaan/ujiannya?"
>kyai : "Kamu cari orang atau makhluk yang lebih jelek dari pada kamu, kamu aku beri waktu tiga hari."


Akhirnya, santri tersebut meninggalkan pondok untuk melaksanakan tugas dan mencari jawabat atas pertanyaan kyainya.

Hari Pertama, Si fulan bertemu dengan si Polan, dia pemabuk berat. Hampir setiap hari mabuk2kan.
Santri itu berkata dalam hatinya, " Inilah orang yang lebih jelek dari saya.
Saya sudah beribadah puluhan tahun, sedang dia mabuk2an terus."
Akan tetapi, sesampai dirumah, timbul pikirannya.
"Belum tentu si Polan jelek, sekarang si polan mabuk2an, siapa tau pada akhir hayatnya Allah memberi hidayah (petunjuk) dan dia khusnul khatimah.
Sementara aku sekarang baik, banyak ibadah, tetapi pada akhir hayat dikehendaki su'ul khatimah, bagaimana? Dia belum tentu lebih jelek dari pada saya.

Hari kedua, santri jalan keluar rumah, dan bertemu dengan seekor anjing yang menjijikan rupanya, bulunya kusut, kudisan, dan sebagainya.
Santri bergumam, "akhirnya ketemu sekarang yg lebih jelek daripada aku. Anjing ini sudah haram dimakan, kudisan, jelek lagi". Santri gembira karena telah mendapat jawaban atas pertanyaan gurunya.

Waktu akan tidur sehabis isya, dia merenung, "Anjing itu kalau mati, habis perkara dia. Dia tidak dimintai pertanggung jawaban atas perbuatannya oleh Allah, sedangkan aku akan dimintai pertanggung jawaban yg sangat berat yang kalau aku berbuat banyak dosa, akan masuk neraka. Aku tidak lebih baik dari anjing itu.

Hari ketiga, akhirnya santri menghadap kyai.
>kyai bertanya, " Sudah dapat jawabannya muridku?"
>Murid, sudah guru". Ternyata orang yang paling jelek adalah saya Guru".
Kyai tersenyum dan berkata "kamu aku nyatakan lulus! "

SIMPULAN CERITA.
Pelajaran yang dapat kita petik adalah: selama masih sama2 hidup kita tidak boleh sombong/merasa lebih baik dari orang lain. ALLAH SWT Yang berhak sombong. Kita tidak tahu bagaimana akhir hidup kita nanti. Dengan demikian, kita akan belajar berprasangka baik kepada orang lain yang sama2 ciptaan Allah.


"Mohon maaf bila Terdapat kesalahan"

Sumber : Www.van.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar