Laman

Sabtu, 15 Desember 2012

inilah 7 gunung yang tertinggi di dunia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya.Tetapi biasanya membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung, banyak sekali gunung di permukaan bumi ini akan tetapi ada gunung yang sangat tinggi bahkan di sebut sebagai atapnya dunia, berikut ini 7 gunung yang sangat tinggi tersebut
1. Gunung Annapurna 8091m


Gunung Annapurna gunung tinggi yang masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya di Nepal ini memiliki beberapa puncak. Dengan puncak utamanya setinggi 8.091 mdpl. Selain itu, gunung Annapurna juga mempunyai beberapa nama, antara lain Annporna dan Morshiadi.

2. Gunung Dhaulagiri 8167m


Dhaulagiri adalah gunung tertinggi keenam di dunia. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah subrange dari Himalaya di Zona Dhawalagiri Nepal utara. Itu terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional yang penting dan pusat wisata.

3. Gunung Manaslu 8169


Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi ke lima di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta , Manasa dan diterjemahkan sebagai "Gunung Jiwa". Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna

4. Gunung Makalu 8463m


Makalu merupakan gunung tertinggi keempat di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.

5. Gunung Lhotse 8516m


Gunung yang memiliki ketinggian (27.940 kaki) ini merupakan gunung terbesar ketiga di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

6. Gunung K2 (chogori) 8611m


K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia. di juluki juga "pegunungan kejam" karena kesulitannya untuk didaki,daripada Gunung Everest.itu di sebabkan cuacanya yang buruk. Pada tahun 2004,hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.

7. Gunung Everest 8850m


Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran (Pemerintah Nepal - Cina belum mengesahkan ukurannya secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS).Gunung Himalaya masih akan terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar